Monday, August 6, 2018

KISAH RAJA DZULQARNAIN ADALAH FAKTA SEJARAH BUKAN FIKSI KEAGAMAAN


               




Related image

Related image




Berikut adalah fakta tentang Dzulqarnain yang dikisahkan dalam Surat Al Kahfi ayat 83-99 :


1)Dzulqarnain adalah nama panggilan Allah SWT, bukan nama sebenarnya dari sang raja agung. Oleh karena itu kita tidak akan menemukan nama ini dalam sejarah raja diraja yang pernah berkuasa di muka bumi ini. Lalu siapakah jati diri beliau yang sesungguhnya?

Family tree of Achaemenid Dynasty
Secara harfiah Żul Qarnain memiliki arti "pemilik dua tanduk" atau "ia yang memiliki dua tanduk." Dzu (Arab: ذو, ḏżū) berarti "pemilik." Etimologi dari kata Dzul Qarnain, yang membedakan dirinya dengan raja lain adalah :



-Rancangan ketopong/ mahkota besinya memiliki dua tanduk.

Sedangkan kata qarn (قرن) memiliki beberapa arti, di antaranya adalah kekuasaan (wilayah kekuasaannya meliputi wilayah Barat hingga Timur), kuat dan berani.
2)Dzulqarnain bukanlah raja biasa, melainkan (layak diduga) sebagai seorang Nabi karena Allah berkata-kata (Kalamullah) kepada beliau. Hal ini diisyaratkan olen beberapa ayat dalam Al Kahfi, antara lain :
-"Sungguh kami telah memberi kedudukan kepadanya di bumi, dan Kami memberikan jalan kepadanya untuk mencapai segala sesuatu" (ayat 84)

Image result for persepolis


-"...Kami berfirman, Wahai Dzulqarnain! Engkau boleh menghukum atau berbuat kebaikan (mengajak beriman) kepada mereka". (ayat86)
-"Dia (Dzulqarnain) berkata, "Dinding itu adalah rahmat dari Tuhanku, maka apabila janji Tuhanku sudah datang, Dia akan menghancurluluhkannya; dan janji Tuhanku itu benar".(ayat 98)
Tidak heran jika Raja Dzulqarnain memiliki kesolehan, rasa kemanusiaan, kearifan ,dan kebijaksanaan yang luar biasa, yang tidak dimiliki oleh raja-raja di zamannya yang cenderung sangat lalim dan kejam.

Image result for kourosh persian

3)Beliau melakukan ekspansi wilayah ke arah barat (ayat 86), kemudian ke arah timur (90), lalu ke wilayah pegunungan (ayat 93). Hasilnya adalah wilayah kekuasaan yang sangat luas membentang dari barat ke timur.
Menilik semua perjalanan, kriteria, dan kekhususan di atas, hanya ada satu nama yang layak disebut Dzulqarnain oleh Allah. Dialah : Cyrus II /Cyrus the Great (600/576 SM-530SM), raja diraja pendiri Imperium Persia. Dikenal juga sbg raja Kurush (bhs. Persia) atau Koresh (bhs. Ibrani).


Related image

Berikut adalah faktanya :


1)Mahkota Cyrus memiliki dua tanduk (silakan search Koresh Agung di wikipedia)


2)Beliau memang bukan raja biasa. Bahkan rasa kemanusiaannya diabadikan Allah dalam kitab Taurah dan Injil, karena titahnya untuk mengembalikan orang-orang buangan, termasuk bangsa Yahudi, kembali ke tanah air masing-masing, serta mengizinkan orang-orang Yahudi membangun kembali Bait Suci ( Bet El Makdesh) di Yerusalem (Yesaya 45:13; 2 Tawarikh 36:22-23; Ezra 1:1-8). Titah itu ditulis antara lain dalam Silinder Koresh, yang ditulis tahun 539 SM dan saat ini disimpan di British Museum, London.


3)Perjalanan Cyrus membentuk Imperium Persia.


-Menyatukan Kerajaan Persia (Anshan) dan Media dan mendirikan Imperium Persia (550 SM)
-Ekspansi ke arah barat (wilayah Turki sekarang) menaklukkan kerajaan Lidya(547-546 SM). Hebatnya beliau mengampuni sang raja yaitu Croesus, dengan tidak dibunuh.
-Ekspansi ke arah timur menaklukkan bangsa India (546-545 SM)

Visutoon. Kermanshah - Iran/Persia


-Ekspansi ke arah pegunungan dan menaklukkan bangsa-bangsa di kaki pegunungan Kaukasus (537 SM). Atas permintaan dari bangsa ini, Cyrus kemudian membangun benteng disepanjang kaki gunung untuk melindungi mereka dari agresi kaum barbar (biadab) penjajah dari utara (Al Quran menyebutnya sebagai Yajuj dan Majuj) yang terkenal tidak berprikemanusiaan. Benteng ini sering disebut Caucasian Wall. Sebagian dari benteng ini masih berdiri kokoh dan membentang cukup panjang di sebuah kota bernama Derbent (Russia). Silakan browsing Derbent Wall.
4)Raja Dzulqarnain (Cyrus the Great) beragama Zoroaster, agama Tauhid yang diajarkan oleh nabi Zarahustra. Agama monotheis ini percaya kepada Ahura Mazda (Tuhan Terang/Tuhan Yang Bijaksana) dan percaya akan adanya kehidupan setelah kematian.

Image result for persepolis


5)Raja Dzulqarnain wafat pada 4 Desember 530 SM dan dimakamkan di Pasargadae (wilayah Iran). Makam beliau dijadikan Situs Warisan Dunia oleh PBB sejak 2006. Di batu nisannya tertulis : " O manusia, siapapun engkau dan darimanapun engkau datang, karena aku tahu engkau akan datang, akulah Koresh yang memenangkan kerajaan untuk orang-orang Persia. Karenanya janganlah berkeberatan terhadapku akan sedikit tanah ini untuk menutupi tulang-tulangku". Silakan browse

(1)Koresh yang Agung dan
(2)Zul Qarnain.

Tomb of Cyrus in Pasargadae, Iran, a UNESCO World Heritage Site (2006) - built around 540–530 BC


Semoga pengetahuan ini bermanfaat.

No comments:

Post a Comment